Langkah Mudah Membuat Katalog Online di Facebook

 

 

 

Media sosial Facebook memang menjadi platform yang banyak disukai oleh para pengusaha baik online maupun offline. Ada banyak fitur yang disediakan oleh Facebook untuk membantu penjualan. Salah satunya Anda bisa memasukkan katalog online di media sosial ini. Jika tertarik untuk membuatnya, ketahui langkah mudah membuat katalog online.

 

Langkah Membuat Katalog Online di Facebook

 

Untuk membuat katalog online di Facebook, Anda bisa masuk ke menu sebelah kiri atas lalu klik “Catalogue Manager”. Setelah itu, Anda bisa klik “Create Catalogue”. Setelah itu, Anda bisa langsung membuat katalog. Untuk membuat katalog ini, cara termudah adalah menghubungkan akun Facebook Anda dengan katalog yang ada di e-commerce. Maka dari itu, langsung klik pilihan “e-commerce”.

 

Anda akan menemukan pilihan untuk mengupload detail produk. Jika memang ada platform e-commerce yang terhubung dengan Facebook, Anda bisa langsung memilihnya. Jika memang berbeda, Anda bisa klik ke box sebelah kiri. Beri nama katalog Anda pada isian “Catalog Name”. Kemudian langsung klik “Create”. Katalog Facebook juga sudah siap namun produknya memang masih kosong. Anda bisa mengisi beberapa produk dengan beberapa metode.

 

Cara Memasukkan Produk

 

Setelah katalog online di Facebook sudah aktif, saatnya Anda memasukkan produk ke dalam katalog online. Sumber produk yang dimasukkan dikenal dengan istilah “Product Feed”. Anda akan masuk ke halaman dashboard dari katalog. Barulah kamu bisa memasukkan produk ke katalog online.

 

Pertama klik “Product Data Source”, lalu klik “Add Products”. Ada tiga pilihan ketika Anda akan mengupload produk katalog. Pertama adalah “Add Manually”. Anda akan memasukkan produk satu persatu ke dalam katalog dengan mengisi kolom yang tersedia. Cara ini cukup memakan banyak waktu apalagi jika Anda memiliki banyak produk.

 

Cara berikutnya adalah “Use Data Feeds”. Dengan teknik ini, Anda bisa memasukkan banyak produk dalam satu kali upload. Cara ini akan membantu Anda mengupload data feeds. Data ini bisa dalam format .csv atau .xml. Anda juga bisa memakai file di Google Sheet. Isi dari file tersebut adalah file dengan tabel berisi nama produk, SKU, deskripsi dan lain-lain.

Setelah memilih dari salah satu metode tersebut, Anda bisa langsung klik “Next” dan bisa melanjutkan proses sesuai dengan instruksi. katalog online di Facebook dengan mudah dibuat dan bisa langsung diakses oleh para calon pembeli. Tak hanya untuk di Facebook saja loh, katalog online ini juga bisa dipakai untuk Instagram.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *