Ciri Bibit Sapi Unggul Bagi Usaha Penggemukan Ternak

Trik berhasil bisnis penggemukan ternak sebagaimana dilaksanakan para pengusaha sapi yang sukses ialah membeli bibit yang unggul, dengan ongkos yang murah, di masa-masa yang tepat dan dilanjutkan pemberian pakan yang tepat.


A. Bibit sapi yang bagus punya ciri jasmani tubuh yang bagus

Bentuk jasmani pedet atau bakalan sapi yang kamu pilih mestilah mencerminkan ciri sapi yang cepat gemuk laksana :
1. Bentuk tubuh yang proporsional yaitu memiliki rangka tubuh yang kokoh serta lebar.
2. Tinggi tubuh yang sama antara depan dan belakang serta tubuhnya memanjang.
3. Dada yang lebar, dengan memiliki dada yang lebar akan menciptakan pertumbuhan daging di wilayah dada dapat maksimal.
4. Mempunyai bulu yang kering dan pendek dengan mata yang bercahaya dan responsive terhadap lingkungan sekitar.
5. Bibit sapi yang bagus seringkali mempunyai pantat yang lebar serta perut kecil. Karena bibit sapi yang memiliki perut besar menandakan bahwa bibit sapi terpapar penyakit cacingan. Perut bibit sapi yang terlampau besar akan merintangi pertumbuhan di unsur lain, sebab daging seringkali hanya bakal tumbuh di unsur perut saja.
6. Mempunyai kaki yang kokoh dan tulang kaki yang besar. Kaki yang kokoh pada bibit sapi yang bagus bakal menopang berat badan sapi yang semakin besar.
7. Bibit sapi mempunyai format kaki yang normal serta lurus.
8. Bibit sapi yang bagus memiliki format tubuh yang tidak terlampau kurus dan tidak terlampau gemuk. Pilihlah bibit sapi yang berukuran sedang sebab bibit yang terlampau kurus dan gemuk pertanda bahwa suasana sapi tidak terlampau baik guna dikembangbiakkan.

B. Usia bibit sapi yang tepat

Untuk mengawali usaha penggemukan sapi, pilihlah bibit sapi yang telah berusia selama 2-3 tahun. Ini disebabkan pada usia itu adalahumur yang sangat ideal guna dikembangkan. Di samping itu, pada usia itu sapi bakal lebih gampang untuk tumbuh dan kembang yang maksimal.
Kelemahan sapi umur 2 tahun ialah harga yang telah relatif mahal.
Alternatifnya kamu bisa melakukan pembelian bakalan sapi berumur 1 tahun. Pastikan pedet atau anak sapi yang dibeli sudah santap rumput. Membeli bakalan sapi yang masih minum susu paling beresiko, dapat mengganggu tumbuh kembang.
Umur 1 tahun membutuhkan perhatian khusus, Anda mesti menyimak tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, andai ini sapi kesatu kamu saya sarankan belilah yang berumur selama 2- 3 tahun.

C. Perhatikan Nafas Sapi

Sapi sehat mempunyai nafas yang tertata dan jernih. Hindari melakukan pembelian sapi yang nafasnya tersengal sengal, tidak tertata dan seolah olah mengorok.

D. Pencernaan yang sehat.
Sapi sehat tentu nggayemi alias mengunyah makanan yang telah dimasukkan ke perut lalu dibalikkan ke mulut lagi.
Ciri beda pencernaan yang sehat ialah sapi tidak diare.

E. Sapi Bergerak Aktif
Bibit sapi memiliki gerak yang aktif, sebab bibit sapi yang lemas dan tiduran menandakan bahwa bibit terpapar penyakit.

F. Jenis bibit memang unggul
Pastikan kamu membeli bibit yang cocok keinginan. Ada tidak sedikit sapi unggul. Jika belum paham saya sarankan bertanya ke peternak senior, bukan ke belantik alias makelar.

Jika kamu akan melakukan pembelian sapi brahman, maka tidak perlu melakukan pembelian sapi ongole. Jika kamu punya dana lebih dapat membeli sapi limosin. Jika hendak sapi tidak diikat dapat membeli bakalan sapi bali.

G. Bibit kurus bukan berarti jelek
Tahukah anda, bibit sapi yang diekspor dari australia seringkali kurus kurus. Sebagaimana berita lama yang diunggah detik, Indonesia masih tidak sedikit mengimpor bakalan sapi dari negeri kanguru tersebut.

kunjungi Peternakan sapi limousin yang sudah dijamin kandang sapi rutin dibersihkan untuk kesehatan sapi dan kenyamanan para pengunjung.Aofa Farm adalah peternakan sapi limousin milik keluarga yang didirikan dengan konsep urban farming terbuka. Tempat kami dikelola secara bersih, sehat, dan limbahnya tidak berbau. Sehingga tidak mengganggu pemukiman penduduk di sekitar.

Informasi kontak

ALAMAT

Jl. KH. A. Tajuddin No.15c, Bahagia, Kec. Babelan, Bekasi, Jawa Barat, 17610

TELEPON

+6281288223146

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *