6 Sistem Pembayaran Online Di samping PayPal

Artikel sebelumnya sudah mengungkapkan sistem pembayaran online mempermudah transaksi jual-beli di e-commerce. Ternyata ada tidak sedikit sistem pembayaran online di samping Paypal, sebut saja kartu kredit, transfer ATM, minimarket, sampai Cash on Delivery (COD) yang seharusnya disediakan oleh pelaku bisnis online demi mempermudah pembeli.

Perusahaan penelitian Indonesia MARS yang berkolaborasi dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), menyelenggarakan survei pada Mei-Juni 2016 di 8 kota besar Indonesia yang dibentuk dalam Studi E-Commerce Indonesia 2016. Salah satu hasilnya ialah 14,6% peserta enggan melakukan pembelian barang online sebab transaksi yang memusingkan.

Hal ini ialah fakta dan menjadi “PR” pelaku bisnis online dalam meluangkan transaksi—khusunya transaksi pembayaran yang mudah. Nah, kali ini akan dibicarakan sistem pembayaran online di samping PayPal. Apa sajakah itu?

 

Mengenal Paypal

Sistem pembayaran online PayPal tentu sudah familiar lagi untuk Anda. PayPal dapat disebut sebagai jasa penengah dalam transaksi bisnis online, terutama dalam meluangkan jasa transfer. PayPal dapat dilakukan oleh semua pemakai internet dari negara mana saja, sekitar mempunyai akun PayPal.

Biasanya sistem pembayaran online, laksana PayPal, dipakai untuk transaksi mengirim atau menerima uang, saat melakukan pembelian barang, software, e-book, mengirim donasi, dan lainnya. Selama kita memahami e-mail PayPal seseorang, prosesnya terbilang cepat dan aman, baik guna pembeli maupun penjual.

 

Sistem Pembayaran Online Di samping Paypal

Lantas bagaimana andai Anda tak mempunyai akun PayPay? Di samping pembayaran Paypal, ada sejumlah sistem atau teknik pembayaran di Indonesia yang biasa digunakan.

 

Kartu Kredit

Sudah tidak sedikit toko online besar yang meluangkan jenis pembayaran kartu kredit. Untuk pembeli, sistem pembayaran ini lumayan menguntungkan. Mereka tak perlu mengerjakan konfirmasi pembayaran sampai-sampai transaksi lebih mudah, menilik sudah terverifikasi secara otomatis.

Kartu kredit pun menawarkan pilihan angsuran yang sangat unik untuk pembeli, terutama pada barang dengan harga lumayan tinggi. Sayangnya pemakai kartu kredit di Indonesia tak begitu banyak. Jadi, tidak boleh jadikan sistem pembayaran ini satu-satunya di bisnis Anda.

 

Transfer ATM

Hampir seluruh toko online menyediakan sistem pembayaran ini. Alur transfer ATM memang lumayan panjang. Setelah transfer, pembeli mesti mengerjakan konfirmasi, sementara penjaja harus mengecek apakah dana telah masuk ke tabungan atau belum.Tak jarang sistem ini memunculkan kesalah pahaman dan penipuan. Kekurangannya lagi,pembeli terpaksa menunaikan lebih guna administrasi bila lain bank. kita bisa mempertimbangkan menyediakan sejumlah nomor tabungan bank yang bertolak belakang untuk memudahkan pembeli. Solusi lainnya ialah menggunakan payment gateway,sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dalam dunia e-commerce.

 

Pembayaran

Online BRI: e-Pay BRI

Bank juga mempunyai pembayaran online, seperti e-Pay BRI. e-Pay BRI adalahsistem pembayaran online dari BRI yang aman dan praktis. e-Pay sudah bekerja sama dengan tidak sedikit merchant dan e-commerce.

Nasabah

BRI bakal dimudahkan ketika melakukan melakukan pembelian barang online. Mereka tak butuh jalan ke ATM transfer atau menilik kode booking. Proses pembayaran melulu cukup memasukkan user id internet banking BRI atau nomor ponsel dan password/PIN. Paycode bakal dikirim ke ponsel, dan bukti transaksi diantarkan ke e-mail/sms.

 

Pembayaran

Online BNI

BNI juga mempunyai pembayaran yang mudah, cepat, dan aman dalam proses melakukan pembelian barang online, yaitu BNI Debit Online. Fitur tersebut memakai Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor pribumi BNI Kartu Debit dimana kode akan diantarkan lewat SMS.

 

Minimarket

Minimarket jadi penyelesaian untuk pembeli yang ingin melakukan pembelian barang online, namun belum mempunyai rekening bank. Pembeli melulu perlu datang ke gerai supermarket terdekat guna melakukan pembayaran di sana sesudah memilih barang di­-website yang sudah bekerja sama.

 

Cash on Delivery (COD)

Taksedikit pembeli meragukan proses pembayaran online di atas. Alasannya karena takut barang tak hingga atau terjadi penipuan. Solusinya ialah dengan Cash on Delivery (COD). Bisa dibilang COD jadi sistem pembayaran favorit. Pembeli tak butuh ke ATM transfer dan solusi mudah andai tak mempunyai rekening bank. Namun,ada sisi kelemahan dari penjual. Penjual baru dapat menerima duit setelah barang hingga ke tangan pelanggan. Belum lagi fulus pembayaran diangkut kurir dan berisiko diangkut kabur.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *