Layanan Legalisasi Dokumen Kemenlu

 

Aplikasi legalisasi dimaksud dapat didownload melalui Google Play Store atau melewati link
Setiap pemohon layanan diwajibkan melakukan registrasi guna mendapatkan username dengan password yang ditentukan sendiri, untuk mengucapkan permohonan layanan legalisasi dokumen pada Kementerian Luar Negeri.
1. Registrasi Aplikasi
• Setelah software terinstall pada telepon pintar, pemohon mengerjakan registrasi pada halaman LOGIN dengan memilih “Belum punya akun”.
• Selanjutnya, pemohon memenuhi identitas diri dengan benar dan lengkap. Setelah melengkapi identitas diri, pemohon bisa melanjutkan ke etape berikutnya yaitu mengunggah gambar kartu identitas berupa KTP, SIM atau Paspor. Tahap registrasi selesai.
2. Penyampaian Permohonan Layanan Legalisasi Dokumen
• Pemohon mengerjakan LOGIN dengan email dan password yang dipakai pada etape registrasi.
• Setelah LOGIN berhasil, pemohon dapat mengucapkan permohonan layanan legalisasi dengan memilih “Buat Permohonan Baru” pada fitur Menu di kiri atas.
Pastikan gambar dokumen dan gambar stiker/stempel legalisasi dari instansi sebelumnya telah tersimpan di Gallery/Album potret di telepon pintar pemohon
• Setelah memilih “Buat Permohonan Baru” pada fitur Menu, pemohon bisa mengklik ikon potret di kanan bawah aplikasi. Pemohon menilai instansi lokasi permohonan jasa Legalisir ijazah, yakni KEMLU/Kementerian Luar Negeri.
• Setelah menilai instansi permohonan jasa legalisasi, pemohon dapat mengerjakan klik tanda panah di kanan atas guna melanjutkan ke etape berikutnya.
• Pemohon menilai “negara tujuan” di mana dokumen bakal digunakan. Setelah menilai negara tujuan, pemohon dapat mengerjakan klik tanda panah di kanan atas guna melanjutkan ke etape berikutnya.
• Selanjutnya, pemohon memilih jenis dokumen yang dimohonkan jasa legalisasi dengan mengklik “tanda tambah” di bawah tanda panah di kanan atas. Setelah itu, pemohon memilih “jenis dokumen” lalu mengerjakan klik tanda panah di kanan atas guna melanjutkan ke etape berikutnya.
• Kemudian, pemohon mengunggah gambar dokumen dari Gallery/Album potret di telepon pintar pemohon dengan mengklik “tanda tambah” di bawah tanda panah di kanan atas. Pemohon mengunggah paling tidak dua gambar yakni (a) halaman depan dokumen dan (b) stiker/stempel legalisasi dari instansi sebelumnya.
• Selanjutnya, pemohon mengeklik “DONE” di kanan bawah bila unggahan potret telah selesai.
Pemohon memenuhi “keterangan dokumen” secara benar dan tepat. Bila ada dokumen beda yang hendak dilegalisasi guna negara destinasi yang sama, pemohon dapat meningkatkan dokumen dengan nomor permohonan yang sama.
• Setelah berlalu unggah gambar dokumen dan stiker/stempel legalisasi dari instansi sebelumnya, pemohon bisa mengeklik “tanda centang” di kanan atas.
• Selanjutnya, pemohon menaruh tanda tangan pada kolom yang terdapat sebagaimana. Setelah menaruh tanda tangan, pemohon mengeklik “tanda centang” di kanan atas sebagai tanda persetujuan ekspedisi permohonan layanan legalisasi.
Ini menandai tahap paparan permohonan layanan legalisasi selesai.
3. Tahap Verifikasi Permohonan
• Pemohon bakal mendapatkan notifikasi dari Kementerian Luar Negeri bila dokumen yang dikemukakan untuk menemukan layanan legalisasi diamini atau ditolak. Pemohon bisa mengetahuinya dengan mengecek fitur “Pemberitahuan” di Menu.
• Bila permohonan legalisasi dokumen sudah disetujui, pemohon dapat mengerjakan pembayaran jasa legalisasi cocok jumlah dokumen yang disetujui.
• Setelah menerima notifikasi untuk menunaikan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) cocok jumlah dokumen yang sudah disetujui, pemohon bisa membayar melewati channel Bank Mandiri berupa m-banking, internet banking, ATM dan kantor-kantor cabang Bank Mandiri atau melewati channel bank beda ke nomor tabungan yang terdapat dalam notifikasi.
• Bukti bayar diunggah ke software melalui fitur “Upload Bukti Pembayaran” pada Menu di sisi kiri aplikasi.
• Setelah itu, pemohon menantikan verifikasi pembayaran oleh Direktorat Konsuler. Jika telah diverifikasi oleh Direktorat Konsuler, pemohon bakal mendapatkan notifikasi pengumuman terbaru.
• Pemohon dapat membawa dokumen untuk diserahkan stempel legalisasi dari Direktorat Konsuler pada masa-masa yang telah dikatakan melalui notifikasi tersebut. Setelah menerima notifikasi pengumuman penyerahan dokumen, pemohon bisa memilih fitur “Permohonan selesai” pada Menu.
Meskipun demikian, ada daftar yang mesti diperhatikan:
1. Verifikasi dokumen dan bukti pembayaran hanya dilaksanakan pada hari dan jam kerja.
2. Pemohon tidak dibetulkan membayar PNBP jasa legalisasi sebelum menerima notifikasi perintah untuk menunaikan ke nomor tabungan yang ditentukan, cocok jenis dan jumlah dokumen yang disetujui.
3. Pemohon tidak dapat memberikan dokumen untuk petugas loket sebelum menerima notifikasi perintah datang ke loket. Notifikasi itu akan diterima pemohon melalui software setelah bukti bayar terverifikasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *